Ketua KPU Ungkap Penurunan Kursi Legislatif dari Kalangan Perempuan

Ketua KPU KarawangKetua

Karawang – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karawang mengadakan sosialisasi pendidikan pemilih khusus untuk kaum perempuan di GOR Panatayudha, Rabu (14/8/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi perempuan dalam proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Dalam sosialisasi tersebut, Mari, salah satu narasumber, menyampaikan kekhawatirannya terkait penurunan jumlah kursi keterwakilan perempuan di DPRD Karawang. Pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, perempuan berhasil meraih 14 kursi. Namun, pada Pileg 2024, jumlah ini turun drastis menjadi hanya 8 kursi dari total 50 kursi di DPRD Karawang.
Mari menjelaskan bahwa salah satu penyebab utama penurunan ini adalah minimnya dukungan dari pemilih perempuan kepada calon legislatif (caleg) perempuan.
 “Dari total 690 caleg, 255 di antaranya adalah perempuan, yang berarti kuota caleg perempuan mencapai 36,96%. Namun, hanya 49,76% pemilih perempuan yang mendukung caleg perempuan,” ungkap Mari.
Ia juga menyoroti kurangnya kaderisasi perempuan di partai politik dan organisasi kemasyarakatan sebagai faktor lain yang mempengaruhi rendahnya keterwakilan perempuan di parlemen. “Ke depan, perempuan di Karawang harus diberikan akses yang lebih luas untuk kaderisasi dan pendidikan politik, agar pada Pileg berikutnya jumlah kursi keterwakilan perempuan di parlemen dapat meningkat,” pungkasnya.(rls/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Apresiasi Bantuan CSR

Karawang – Bupati Karawang, H Aep Syaepuloh SE mengucapkan apresiasinya ...