Literasi Digital Bank CIMB Niaga Perlu ‘Menyentuh’ Pelaku UMKM dalam Meningkatkan Perekonomian

Sinergitas Insan pers bersama Bank CIMB Niaga

Oleh : Rosman Ochim

Bank CIMB Niaga telah launching di Kabupaten Karawang pekan lalu. Tak tanggung-tanggung, kantor pelayanan Bank CIMB Niaga berdekatan dengan kawasan Industri di Kota Pangkal Perjuangan. Tujuannya untuk mempermudah akses masyarakat dalam segala bentuk keperluan urusan perbankan.

Namun begitu, kami harapkan Bank CIMB Niaga pun menyasar masyarakat kecil. Khususnya pada pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) di Karawang. Dengan mudah memberikan layanan untuk pelaku usaha. Tak terkecuali soal permodalan, bahkan bantuan berupa CSR.

Meski Pemkab Karawang memprogramkan bantuan berupa bantuan barang pada pelaku UMKM. Namun, yang kami ketahui masih belum cukup dalam menyelesaikan hal tersebut. Disini perlu adanya sinergitas Pemkab Karawang dan Bank CIMB Niaga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui usaha kecil menengah.

Menurut data Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, pelaku UMKM yang tersebar di seluruh Kecamatan yang ada di Karawang mencapai 52 ribu pelaku UMKM. Pemerintah Daerah terus mendorong pelaku UMKM dengan memberikan program pelatihan pembinaan hingga layanan konsultasi bisnis.

Dengan digitalisasi merupakan salah satu langkah yang dapat ditempuh guna mempercepat pertumbuhan bisnis para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Digitalisasi memberikan kemudahan dalam pengelolaan bisnis, meningkatkan daya saing, serta memungkinkan jangkauan pasar yang lebih luas bagi pelaku UMKM.

Perlu diketahui, UMKM merupakan salah satu pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi
kemampuan menyerap lebih kurang 117 juta pekerja atau 97 persen dari total tenaga kerja yang ada, serta dapat menghimpun sampai 60,4 persen dari total investasi (data semester I tahun 2021).

CIMB Niaga Goes to School

Program datang ke sekolah menurut kami cukup baik. Memperkenalkan layanan perbankan pada generasi remaja. Di samping perkenalkan perbankan, juga perlu edukasi pada remaja mengambil kesempatan dalam wirausaha. Pola pikir remaja saat ini adalah menjadi tenaga kerja di perusahaan. Melalui gagasan CIMB Niaga masuk ke sekolah bisa membantu mengikis pola pikir menjadi tenaga kerja di perusahaan atau pabrik. Yaitu dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Bisa sinergitas dengan program CIMB Niaga, difasilitasi, edukasi hingga pola pikir mereka lebih ke wirausaha. Hal ini bisa mendongkrak perekonomian dengan cara mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) di masa depan.

Tentang Bank CIMB Niaga di Karawang

Bank CIMB Niaga menghadirkan sejumlah inisiatif untuk masyarakat Karawang. Di antaranya kegiatan Ngobrolin Biznis (Ngobiz) bertema Market Outlook: Strategy for Future Growth untuk para pelaku usaha dan Program Literasi Keuangan serta Kejar Mimpi Goes to School untuk memotivasi para pelajar agar terus semangat dalam mengejar cita-citanya.

Raih Kinerja Positif pada Kuartal I/2024

Beragam inisiatif dan kemudahan layanan yang diberikan CIMB Niaga termasuk di Karawang, baik melalui kantor cabang maupun kanal digital, turut berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja CIMB Niaga secara nasional. Pada kuartal pertama 2024, CIMB Niaga melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp2,2 triliun, naik sebesar 7,8% year-on-year (Y-o-Y), dan menghasilkan earnings per share Rp66,96.

“Atas dukungan stakeholders khususnya para nasabah, kami dapat mengumumkan awal yang baik untuk tahun 2024. Pertumbuhan kredit/pembiayaan yang sehat dan indikator kualitas aset yang membaik menjadi dasar yang kuat bagi kami untuk terus memberikan nilai lebih. Ke depan, kami akan terus meningkatkan customer experience melalui inovasi digital. Dengan kemampuan sumber daya dan digital serta jaringan, kami siap menciptakan nilai jangka panjang dengan memprioritaskan kebutuhan para stakeholders dan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Evita.

Selain itu, hampir 26% dari total pembiayaan Bank (atau setara dengan Rp54,8 triliun) mendukung transisi yang berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG). Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya CIMB Niaga sebagai salah satu dari tujuh bank yang mewakili komitmen industri perbankan nasional dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) Indonesia, yang ditargetkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Adapun sebagai bagian dari corporate citizenship, CIMB Niaga memiliki perhatian besar kepada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya, Perseroan bekerja sama dengan United Nations Children’s Fund (UNICEF) mendukung upaya Pemerintah dalam mencegah dan mengurangi masalah gizi buruk dan stunting di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur.(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

JNE Menggelar JLC Member Gathering 2024 di Bandung

Faktajabar.co.id – Terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. ...