Nilai Investasi Karawang Tahun 2024 Mencapai 16,3 Triliun

H. Wawan Setiawan Kepala DPMPTSP Karawang

KARAWANG – Nilai investasi di Karawang untuk triwulan pertama pada tahun 2024 telah mencapai 16,3 trilliun

Pada tahun 2024 jumlah investasi di Karawang sebesar 14,5 trilliun yang berasal dari Penanam Modal Asing (PMA). Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Karawang, H.Wawan Setiawan menyampaikan untuk angka investasi hingga Bulan Mei sebesar 16,3 trilliun. Jumlah investasi yang bersumber dari Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar 1,7 trilliun.

“Dari data tersebut bisa kita pastikan bahwa yang tertinggi itu tetap dari PMA,” ujarnya.

Ia mengatakan untuk investor asing sebagian besar berasal dari negara China. Kemudian untuk perusahaan yang PMA dengan nilai investasi tertinggi yakni PT. Indah Kiat Pulp & Paper dengan nilai investasi sebesar 5,476 trilliun. Selanjutnya untuk investor yang bersumber dari PMDN yakni perusahaan PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills dengan nilai investasi sebesar 1,041 trilliun.

“Namun baru dikategorikan berdasarkan PMA dan PMDN saja, untuk asal wilayah dan negara belum kami kelompokkan. Sementara investor asing kebanyakan dari negara China. Ada 10 perusahaan PMA dan 10 perusahaan PMDN dengan nilai investasi tertinggi di triwulan 1 tahun 2024,” tambahnya.

Target nilai investasi di Karawang untuk tahun 2024 sebesar 42,7 trilliun. Ia mempunyai rasa optimis yang besar untuk mencapai target tersebut. Sementara itu untuk nilai investasi tahun 2023 sebsaar 40,24 trilliun.

“Tahun 2023 kita ditargetkan 40,24 triliun, tercapai melebihi target 45,06 triliun. Tahun 2024 pun, baru triwulan pertama sudah tinggi. Dari nilai sekian, kita menyerap juga tenaga kerja sebanyak 4.223 orang. Kemudian adapun proyeknya sendiri berbagai macam, ada 2.076 proyek,” jelasnya.

Ia melanjutkan capaian yang saat ini dipengaruhi oleh adanya kemampuan bupati dalam memberikan keyakinan kepada investor. Ia mengaku Kabupaten Karawang bersaing dengan Kabupaten dan kota yang lain.

“Ini kepiawaiannya pemimpin untuk meyakinkan, yang saya rasakan itu strategi Bupati untuk meyakinkan sudah on the track,”pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

JNE Menggelar JLC Member Gathering 2024 di Bandung

Faktajabar.co.id – Terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. ...