Pesan Bupati di Ulang Tahun Perumdam Tirta Tarum Karawang

Perusahaan air minum PDAM Perumdam Tirta Tarum Kabupaten Karawang

Karawang – Perusahaan air minum PDAM Perumdam Tirta Tarum Kabupaten Karawang sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Kabupaten Karawang tengah merayakan HUT ke 37. Kesempatan itu, Bupati Karawang, H.Aep Saepuloh dan pegawai Perumdan PDAM Karawang hadir memeriahkan acara tersebut bertempat di Halaman PDAM Karawang, Selasa ( 28/05/2024).

Selama perjalanan secara Regulasi Perumdam Tirta Tarum Karawang mengalami tiga kali perubahan tentang pembentukan sesuai dengan perda nomor, 013 tahun 1987 tentang pembentukan PDAM Kabupaten Daerah Tingkat II Karawang, Perda Nomor, 06 Tahun 2010 Tentang PDAM Tirta Tirta Tarum Kabupaten Karawang, Perda Nomor, 03 Tahun 2021 Tentang Perumdam Tirta Tarum Kabupaten Karawang.

Direktur Utama PDAM Kabupaten Karawang Ade Dikdik Iskandar menceritakan berdirinya Perumdam Tirta Tarum Kabupaten Karawang sebagai Badan Usaha Milik Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang

Dalam perjalanannya, kata Ade, telah mengalami beberapa kali perubahan secara regulasi, hingga saat ini yang menjadi dasar hukum. SK Dirjen cipta karya nomor 216/KPTS /1977 tentang pembentukan BPAM kabupaten Daerah Tingkat ll Karawang Perda nomor 013 Tahun 1987 tentang pembentukan PDAM kabupaten Daerah tingkat ll Karawang.

“Perda nomor 06 Tahun 2010 tentang PDAM Tirta Tarum kabupaten Karawang Perda nomor 03 Tahun 2021 tentang Perumdam Tirta tarum Kabupaten Karawang. Dari perjalanan berdirinya PDAM sebagaiman dasar tersebut diatas, pada tanggal 23 mei 1987 pemerintah Daerah Tingkat ll Karawang telah menetapkan perda nomor 013 tahun 1987 tentang pembentukan PDAM,” kata Ade.

Ia menjelaskan, Perda tersebut sebagai bentuk peralihan kewenangan, pemerintah pusat kepada pemerintah Daerah dan perubahan bentuk dari BPAM menjadi PDAM, menilik dari perjalanan ketetapan tersebut diatas maka setiap 23 Mei telah ditetapkan sebagai hari berdirinya Perumdam Tirta Tarum kabupaten Karawang.

“Lahirnya PDAM atau sekarang dikenal dengan Perumdam Tirta Tarum Karawang merupakan sebuah perjalanan untuk meningkatkan kembali awal mula dari berdirinya perusahaan dalam rangka penyediaan air bersih/minum kepada masyarakat kabupaten Karawang sejak 37 tahun lalu,” ujarnya.

“Perayaan HUT ke 37 merupakan sebagai pengingat atau bentuk rasa syukur kehadirat Alloh SWT, sekaligus sebagai momentum atau pengingat bagi kami untuk selalu memberikan yang terbaik bagi kemajuan perusahaan dan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan serta tetap berkontribusi bagi pemerintah Daerah kabupaten Karawang,” sambungnya.

Tema HUT PDAM Perumdam Tirta Tarum Karawang ke-37

Pada perayaan HUT ke-37 ini bertajuk ″Membangun sinergi menuju Karawang Maju”. Perayaan HUT dilaksanakan secara sederhana namun tidak mengurangi makna dan tujuannya, yaitu memupuk serta mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan seluruh karyawan dan pelanggan.

“Dengan rangkaian acara sebagai, undian kejutan pelanggan, santunan anak yatim, kegiatan donor darah, pengumuman umroh pegawai tahun 2024, launching logo dan core value gosprit, dan acara hiburan stand up komedi, komedi Cemen,” ucapnya.

Logo HUT Perumdam Tirta Tarum Karawang

Dengan logo dan car value Perumdam Tirta Tarum Karawang yang baru ‘go sprint’ ( service excellent -professional -respect – integrity – nimble-trust).

“Kami akan terus menguatkan komitmen untuk menjadi lebih baik dan makin di rasakan manfaatnya oleh masyarakat kabupaten Karawang,” katanya kembali.

Capaian kinerja dalam konteks kegiatan operasional, jelas Ade kembali, pihaknya ingin sampaikan juga bahwa sampai dengan triwulan pertama tahun 2024 , secara umum Perumdam tirta tarum telah melaksanakan seluruh program dengan baik sebagaimana tercantum dalam rencana bisnis 2023-2027 dan RKAP 2024.

“Untuk tahun 2023, berdasarkan laporan audit KAP Ar utomo dan rekan per tanggal 28 Maret 2024 , laporan keuangan Perumdam tirta tarum berhasil mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dimana selama 3 tahun terakhir opini laporan keuangan selalu mendapat kan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP),” ucapnya.

“Rencana program peningkatan layanan, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih memiliki banyak kekurangan di sana sini, namun saat ini perumdam tirta tarum terus berbenah dalam upaya memperbaiki layanan kepada pelanggan dan bagi seluruh pemangku kepentingan,” ujar dia.

Adapun rencana program prioritas kedepan, pihaknya akan lebih fokus pada pengembangan SPAM dengan menambah dan meningkatkan WTP dari 1.200 LPS menjadi 2.100 LPS di tahun 2027, penambahan SL aktif dari 107.000 menjadi 153.000 SL di tahun 2027.

“Penambahan dan perbaikan jaringan perpipaan, perbaikan fasilitas dan instrumentasi, penguatan IT dalam proses bisnis, dan pengembangan SDM, serta pembuatan rumah air untuk tambahan benefit pelanggan. Untuk itu kami mohon dukungan sekaligus mohon masukan, kritik dan saran untuk perbaikan,” tandasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

JNE Menggelar JLC Member Gathering 2024 di Bandung

Faktajabar.co.id – Terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. ...