Karawang Punya Monumen Keselamatan

Peresmian Monumen Keselamatan

Karawang – Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono bareng Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh, di perlintasan sebidang Kereta Api Jalan Tuparev Kelurahan Nagasari Kecamatan Karawang Barat meresmikan Monumen Keselamatan Kabupaten Karawang, Selasa, (28/05/2024).

Kapolres Karawang menyebut, tingginya angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Karawang, baik jalur tol atau non tol, serta jalur kereta api, menginisiasi Polres Karawang bersama Pemda Karawang dan Jasa Raharja serta Daop satu PT Kereta Api Indonesia, untuk membangun Monumen Keselamatan Kabupaten Karawang guna memberikan nilai tambah value terhadap asset tak terlihat yang seharusnya dimiliki masyarakat Karawang, yakni, kesadaran pribadi atau save awarnes.

“Di Monumen Keselamatan Kabupaten Karawang ini akan ditampilkan data jumlah kecelakaan lalu lintas yang bisa dilihat langsung oleh masyarakat pengguna jalan,” kata Kapolres.

Kapolres menghimbau, guna meminimalisir kecelakaan kereta api di Kabupaten Karawang pada perlintasan sebidang kereta api, Kapolres meminta, segenap stake holder serta kecamatan terlintasi perlintasan sebidang kereta api agar meningkatkan kewaspadaannya.

“Angka kecelakaan lalulintas di wilayah Kabupaten Karawang menempati ranking nomor dua se-provinsi Jawa Barat,” jelas AKBP Wirdhanto

Polres Karawang membangun Monumen Keselamatan Kabupaten Karawang guna mengingatkan pengendara dan pejalan kaki, tidak menerobos palang pintu kereta api yang telah ditutup oleh petugas penjaga perlintasan hingga berdampak kecelakaan fatal tertabrak kereta api.

Ditegaskan Kapolres, berdasar data, sepanjang tahun 2023 hingga 2024 terjadi lebih 1250 peristiwa kecelakaan lalu lintas dengan lebih 360 korban jiwa meninggal dunia.

Di Kabupaten Karawang ada 21 perlintasan sebidang jalur kereta api, baik yang resmi ataupun swadaya masyarakat bahkan pula ada yang tidak dijaga, Kapolres seiring menyebutnya jika di tahun 2023 lalu, sebelas orang dinyatakan wafat di tempat akibat tertabrak kereta api.

“Kehati-hatian tidak merugikan, tetapi kecerobohan dapat membuatmu kehilangan nyawa, kecelakaan dapat dicegah dengan kewaspadaan, ” ungkap AKBP Wirdhanto membacakan slogan peresmian Monumen Keselamatan Kabupaten Karawang.

Di tempat yang sama, Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh mengucapkan terimakasih dan bangga atas inisiasi Kapolres Karawang membangun Monumen Keselamatan Kabupaten Karawang.

“Monumen keselamatan ini berguna untuk safety reading, untuk mengingatkan diri kita sendiri agar lebih waspada saat berada di jalan pada jalur lintasan rel kereta api,” kata bupati.

Mewakili Kepala Daop Jakarta, Kepala stasiun kereta api Karawang, Maulana mengungkapkan, pihaknya berterimakasih kepada Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono yang telah mengukir prestasi positif, membuat monumen keselamatan Kabupaten di perlintasan sebidang rel kereta api jalan Tuparev Kelurahan Nagasari Karawang Barat.

“Adanya Monumen Keselamatan Kabupaten Karawang ini, menjadi pengingat bagi pengguna jalan pelintas rel kereta api agar lebih waspada dalam berlalu lintas.” Pungkas Maulana. (red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PWI Jabar Kutuk Kerak Pelaku Pengeroyokan Wartawan

Faktajabar.co.id – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Barat ...