Prestasi PDAM Ditengah Pandemi Covid-19

Karawang – Transformasi yang dilakukan di PDAM Tirta Tarum Karawang mulai membuahkan hasil, setelah akselerasi pada
tahun sebelumnya, maka tahun 2020 semakin menunjukkan jatidirinya sebagai perusahaan yang sehat dan baik. Meskipun dilanda pandemic covid-19 selama tahun 2020, PDAM Tirta Tarum Karawang tetap eksis sebagai Perusahaan sehat dengan
audit kinerja indikator PUPR 3.17 dan indikator BPKP 59.30. Sementara laporan keuangan menunjukkan laba dan asset meningkat 7-8 %. Pada tahun 2020 perusahaan berhasil membukukan laba bersih Rp 4.38 Milyar dan setoran PAD sebesar
Rp 2.4 Milyar.

Setoran deviden ini diserahkan secara simbolis oleh Dirut M Sholeh kepada Bupati Karawang dr. Hj. Cellica
Nurrachadiana pada acara rapat umum tanggal 22 Desember 2021. Dengan demikian di era Direksi ini telah menyelesaikan
PAD 5 tahun sekaligus dari 2016, 2017, 2018, 2019, 2020 meskipun baru memimpin 3 tahun sejak 2018.
Demikian juga capaian sambungan rumah (pelanggan) meningkat 9.3% dari tahun 2019 sebanyak 85.173 SR
menjadi 93.140 SR pada tahun 2020, bahkan capaian ini tembus 100.000 SR (pelanggan) pada minggu lalu. Tidak mudah capaian target ditengah pandemi covid-19, tetapi dengan tekad dan semangat tinggi target itu bisa dicapai lebih cepat.


Hal itulah yang sangat disyukuri oleh seluruh jajaran Perumdam Tirta Tarum Karawang. Bupati dr. Hj. Cellica Nurrachadiana
mengapresiasi atas capaian yang diraih oleh PDAM/Perumdam Tirta Tarum Karawang, namun jangan berpuas diri dan
tetap meningkatkan layanan yang terbaik kepada seluruh lapisan masrarakat Karawang.
Transformasi & Tantangan
Pada tahun 2020 pula ditandai dengan transformasi perubahan dari PDAM menjadi Perumdam Tirta Tarum Karawang dan Perda perubahan tersebut akhirnya secara resmi berubah dengan terbitnya Perda Karawang No 3/2021.


Dengan berubahnya status PDAM menjadi Perumdam semakin mengukuhkan perusahaan plat merah milik Pemda Karawang agar semakin meningkatkan pelayanan terbaik untuk seluruh masyarakat.
Berbagai konsekwensi perubahan status ini pula perlu segera disesuaikan beberapa legalitas dan peraturan baik perbup, perdir maupun turunannya, seperti SOTK, SOP, Business Plan dan lain-lain. Untuk itu tim Perumdam Tirta Tarum
bersama Pemda dan Dewas telah melaksanakan ketentuan tersebut secara bertahap. Dan yang lebih menggembirakan proses transisi tersebut mendapatkan pendampingan baik dari USAID IUWASH Plus, water.org dan kementerian PUPR,
BPKP maupun tim manajemen internal perusahaan.


Tantangan ke depan adalah peningkatan pelayanan 4K yaitu Kuantitas, kualitas, kontinyuitas dan
keterjangkauannya ditengah berbagai masalah baik dari infrastruktur perpipaan yang tua/lama, tarif yang masih stagnan,
kemampuan pengembangan jaringan, kebocoran, dan lain-lain. Namun usaha perbaikan tetap ditingkatkan melalui washout yang diperbanyak dan langkah-langkah teknis lainnya. Bahkan manajemen sudah mencanangkan tahun 2022
sebagai tahun kualitas.


Kado Akhir Tahun 2021
Satu lagi kado akhir tahun dari Perumdam Tirta Tarum untuk Karawang. Setelah pencapaian tembus 100.000 pelanggan yang belum sepekan diraih, kini Perumdam Tirta Tarum kembali diganjar Top Digital Awards 2021. Tak hanya satu kategori, tetapi dua kategori sekaligus untuk korporasi, yaitu Kategori Top Digital Implementation2021 #Level
Bintang 4 atas nama Perumdam Tirta Tarum Karawang dan kategori Top Leader on Digital Implementation 2021 atas nama Dr. M Sholeh Direktur Utama Perumdam Tirta Tarum. Penghargaan ini diberikan oleh IT Works dalam Acara Puncak
Penghargaan Top Digital Awards 2021 yang dilaksanakan di Jakarta, 21 Desember 2021 yang bertajuk Accelerating Digital
Transformation in Business & Government yang dihadiri secara virtual oleh Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dan
pejabat Kementerian Komunikasi dan Informatika secara virtual sekaligus sebagai Keynote Speech dalam acara tersebut.


Selama setahun terakhir ini Perumdam Tirta Tarum Karawang bertubi-tubi diganjar 7 penghargaan, baik Best Leadership & Professional, Top BUMD Award 2021 bintang 4, Top CEO BUMD Award, Top Pembina BUMD 2021, Best Choice BUMD Award 2021 dan Top Digital Awards 2021 untuk 2 kategori sekaligus untuk Top Digital Implementation dan
Top Leader. Belum lagi Achievement dari lembaga-lembaga donor seperti USAID IUWASH Plus SECO dari pemerintah USA dan Swiss, Water.org dan lain-lain.


Dan Kado akhir tahun yang cukup membanggakan lagi adalah pada minggu lalu Perumdam Tirta Tarum telah tembus 100.000 pelanggan yang syukurannya juga dihadiri oleh Bapak Wakil Bupati H Aep Saepuloh SE.
Lebih lanjut M. Sholeh menyampaikan tekadnya untuk terus meningkatkan kinerjanya dimasa yang akan datang.


Tekadnya untuk meningkatkan customer satisfaction (kepuasan pelanggan) khususnya dalam hal 4 K yaitu Kuantitas,kualitas, Kontinyuitas dan Keterjangkauan bidang air bersih dan air minum untuk seluruh masyarakat Karawang.
Diakuinya memang prestasi ini masih jauh dari sempurna, masih banyak hambatan, rintangan, gangguan, cobaan dengan segala permasalahannya. Namun dengan kinerja yang menunjukkan tren positif, sehat dan membaik dari tahun ke tahun.


“Insya Allah Perumdam Tirta Tarum siap menuju Perumdam Terbaik dimasa mendatang,”pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

JNE Menggelar JLC Member Gathering 2024 di Bandung

Faktajabar.co.id – Terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. ...