KARAWANG – Rumah Sakit Lira Medika terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, terlebih saat pandemi Virus Corona atau Covid-19 tengah menjangkiti banyak orang, sehingga masyarakat pun dihimbau untuk tetap di rumah (stay at home). Menyiasati hal tersebut, RS Lira Medika membuka layanan Telekonsultasi Hallo Lira sebagai solusi bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.
Humas RS Lira Medika, dr. Aditya mengatakan, pihaknya tetap memperhatikan kebutuhan pasien agar pelayanan dapat tetap berjalan. Salah satunya, dengan penggunaan layanan Telekonsultasi Hallo Lira, sekaligus mendukung himbauan pemerintah kepada masyarakat untuk tetap melakukan social distancing dan physical distancing.
“Dibukanya layanan Telekonsultasi Hallo Lira ini, kami mudahkan pelayanan konsultasi dengan dokter umum maupun dokter spesialis. Pasien bisa video call langsung dengan dokter yang dipilihnya dan obatnya bisa diantar ke rumah,” ujar dr. Aditya dalam keterangan press release kepada Fakta Jabar, Kamis (23/4).
dr. Aditya menambahkan, RS Lira Medika menjadi salah satu rumah sakit di Kabupaten Karawang yang sudah menerapkan telekonsultasi kesehatan. Dengan sebutan “Hallo Lira,” masyarakat dapat berkonsultasi lewat aplikasi Lira Care atau melalui website http://web.liramedika.com/en/make-appointment/ yang selama ini digunakan sebagai pendaftaran online rawat jalan, tetapi sekarang dapat digunakan untuk telekonsultasi bersama dokter spesialis di RS Lira Medika.
“Atau agar lebih jelasnya bisa juga menghubungi bagian customer care RS Lira medika di nomor telepon 0267-8452555 atau melalui whatsapp 081218023814,” paparnya.
Masih dr. Aditya menambahkan, dengan adanya fitur video call pada telekonsultasi Halo Lira ini, dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik secara virtual. Selain itu, dokter juga mendapatkan impresi kondisi fisik pasien secara umum melalui video dan audio. Kendati demikian, Telekonsultasi Halo Lira hanya diperuntukan bagi pasien umum atau jaminan pribadi dan perusahaan rekanan. Untuk mengakses layanan tersebut, pasien hanya perlu mendaftar secara online via aplikasi Lira Medika, selanjutnya pihak pendaftaran akan mengkonfirmasi persyaratan administrasi lainnya.
“Setelah persyaratan administrasi terpenuhi, petugas pendaftaran akan menghubungi pasien lewat video call, apabila antrian pasien sudah dipanggil selanjutnya pasien dapat melakukan telekonsultasi maksimal selama 20 menit,” ungkapnya.
Sambung masih dr. Aditya menambahkan, apabila ada resep obat pasien tak perlu datang mengambil ke rumah sakit, sebab pihak Farmasi RS Lira Medika akan mengirim obat melalui aplikasi gosend sesuai prosedur agar obat yang dikirim tetap terjamin mutu dan kwalitasnya. Namun, jika pasien membutuhkan perawatan atau pemeriksaan lanjutan, maka pasien diarahkan untuk datang ke RS Lira Medika, seperti pemeriksaan CT Scan 64 Slide, MRI, Cath Lab, EEG, Treadmill atau pemeriksaan laboratorium lengkap.
“Telekonsultasi Hallo Lira ialah salah satu inovasi layanan sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin berobat namun terkendala situasi pandemi seperti saat ini. Kedepan, RS Lira Medika terus membuka layanan inovatif lainnya, seperti rencana minggu depan RS Lira Medika akan membuka layanan baru. Oleh karena itu, silahkan ikuti perkembangan layanan RS Lira Medika di Facebook atau Instagram RS Lira Medika,” pungkasnya. (lil)