FAKTAJABAR.CO.ID – Pelayanan jemput bola dari BPJS Kesehatan kembali digencarkan. Layanan ini disebut sebagai Mobile Customer Service (MCS).
Sebelumnya, layanan jemput bola dari BPJS telah disampaikan melalui sejumlah kanal media sosialnya, termasuk melalui akun twitter resminya di @BPJSKesehatanRI.
Ketika dikonfirmasi, Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Ma’ruf membenarkan adanya layanan tersebut.
“Betul, memang tersedia,” jawab Iqbal (10/12/2019).
Iqbal mengatakan bahwa layanan MCS tersedia di setiap kantor cabang. Menurutnya, layanan ini sudah ada sejak awal BPJS Kesehatan ada, tetapi kini kembali digencarkan. Prinsipnya adalah untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan dengan konsep jemput bola yaitu dengan mendatangi lokasi-lokasi yagn jauh dari kantor cabang untuk memberikan layanan kepada para peserta JKN-KIS.
Adapun layanan utama yang dapat dilakukan melalui Mobile Customer Service (MCS) di antaranya adalah kemudahan turun kelas bagi peserta PBPU/BP. Selain itu, disediakan pula layanan lain seperti pendaftaran, perubahan data, informasi dan pengaduan, serta pembayaran iuran (bekerja sama dengan PPOB).
Aktivitas Mobile Customer Service (MCS) dilaksanakan setiap hari kerja maupun libur, sesuai kebutuhan, mulai tanggal 9 Desember 2019 dengan sasaran pasar, desa/kecamatan, fasilitas kesehatan, dan Car Free Day atau acara-acara lain.
“Untuk jam operasionalnya, jam 9 sampai 12,” kata Iqbal.
Layanan kesehatan
Selain itu, sebelum pelaksanaan layanan CMS tersebut, pihaknya harus melakukan koordinasi dengan pihak setempat.
“Jika ada di Kecamatan, koordinasi sama kecamatan, supaya diinfo dulu ke masyarakat. Untuk tempatnya bisa di pasar, car free day juga standby,” jelas Iqbal.
Secara umum, ada lima lokasi di mana layanan MCS dapat ditemukan nantinya.
Mengutip dari akun resmi @BPJSKesehatanRI, ada lima lokasi yang akan menjadi tujuan dari pelayanan MCS, yaitu:
- Goes to village (kantor pemerintahan, kecamatan, kelurahan, desa/dusun, puskesmas). Untuk lokasi ini, BPJS Kesehatan akan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada kantor pemerintahan setempat agar masyarakat mengetahui keberadaan MCS yang akan datang ke daerah mereka.
- Around city (alun-alun, pusat kota, pusat keramaian)
- Hi customer (mall, pasar tradisional, sekolah, kampus)
- Corporate Gathering (kementerian, instansi/lembaga milik pemerintah, badan usaha)
- Car free day atau komunitas
Pelayanan ini dilakukan menggunakan mobil yang sudah tersedia khusus untuk MCS. Adapun jumlah mobil yang diperuntukan untuk layanan ini adalah satu hingga dua mobil per cabangnya.
Sementara, untuk sistem pelayanan pada dasarnya sama dengan di kantor cabang. Perbedaannya adalah, sistem jemput bola dan tempat yang didatangi oleh layanan ini.
Jadi, peserta tinggal mendatangi MCS dan dapat memperoleh layanan sebagaimana di kantor cabang.(*)