Waspada Bahaya Kebakaran, Damkar Siapkan Program Keluarga Responsif Terhadap Ancaman Kebakaran

epala Bidang Damkar dan Penyelamatan pada BPBD Kabupaten Karawang, Rohmat menyampaikan program Keluarga Responsif Terhadap Ancaman Kebakaran

Karawang – Musim ini menjadi perhatian. Potensi kebakaran bisa saja terjadi. Dengan demikian, Pemkab Karawang melalui BPBD melakukan himbauan kepada masyarakat di Karawang.

Salah satunya di Kecamatan Karawang Barat, Selasa (1/10/2024) Kepala Bidang Damkar dan Penyelamatan pada BPBD Kabupaten Karawang, Rohmat menyampaikan himbauan waspada kebakaran.

“Musim kemarau ini menjadi perhatian dan potensi kebakaran. Kita selalu menghimbau masyarakat agar hati-hati saat membakar sampah, rumput alang-alang yang kering,” katanya di rapat minggon kecamatan.

Menurutnya, jika terjadi kebakaran masyarakat segera melaporkan ke pemadam kebakaran yang terdekat. Pasalnya, ada beberapa wilayah yang telah disiapkan Pos Pemadam Kebakaran.

“Siapa saja yang melihat kebakaran, bisa segera melaporkan ke petugas pemadam kebakaran dengan nomor kontak 08561400113,” ujarnya.

“Selain memadamkan api, Damkar juga melakukan penyelamatan seperti binatang berbahaya. Yang sudah ditangani pengaduan masyarakat meliputi Tawon, Ular, Biawak, bahkan membukan cincin yang dijari karena sudah terjepit,” tambah Rohmat.

Pelatihan Responsif Kebakaran

Rohmat, sedang melakukan penelitian dan menyiapkan program pelatihan pemadam kebakaran untuk rumah tangga. Khususnya di permukiman yang padat. Misalnya perumahan. Ia merencanangan pelatihan untuk penanggulan kebakaran dan cepat responsif pada permukiman yang padat.

 

“Program itu, Keluarga Responsif Terhadap Ancaman Kebakaran disiangkat KARTIKA. Kami terus sampaikan ke masyarakat melalui minggon kecamatan, kelurahan, desa atau kegiatan lainnya,” kata Rohmat yang sedang mengikuti diklat dan pelatihan kepemiminan administrator. (red/fj)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemantauan Intensif kepada Balita yang Mengalami Penurunan Berat Badan

KARAWANG – Balita Amanda usia 9 bulan mengalami penurunan berat ...