Peresmian Manasik Haji Az Zahra Galuhmas: Destinasi Wisata Religi Terbesar dan Terlengkap Di Karawang dan Jawa Barat

Galuh Mas meresmikan area manasik haji yang terbesar, terlengkap dan representatif sebagai destinasi wisata religi di Karawang

Karawang – Galuh Mas meresmikan area manasik haji yang terbesar, terlengkap dan representatif sebagai destinasi wisata religi di Karawang dan Jawa Barat, ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Karawang, Bapak H. Aep Syaefulloh, SE dan Kepala Kemenag Karawang, Bapak H. Sopian, S.PDi, M.Si.

Terletak di lokasi strategis, Az Zahra Galuh Mas Manasik Center kini menjadi pusat kegiatan manasik yang mendukung pembelajaran rukun Islam ke-5, terutama bagi anak-anak, pelajar, dan calon jamaah haji atau umrah.

Dalam wawancaranya, Tedjasuria selaku Manager Humas dan perwakilan Direksi Az Zahra Galuh Mas Manasik Center menjelaskan bahwa Latar Belakang Az Zahra berawal dari permintaan berbagai organisasi mitra (Ormit) di Karawang, yang menginginkan fasilitas manasik haji yang lengkap dan serupa dengan kota-kota besar lainnya, Az Zahra dikembangkan sebagai solusi atas kebutuhan tersebut.

Sebelumnya, kegiatan manasik dilaksanakan di Wonderland, namun dinilai kurang optimal karena suasana yang tidak mendukung fokus anak-anak pada pengalaman religi. Oleh karena itu, Az Zahra hadir sebagai tempat yang lebih representatif untuk pelaksanaan manasik yang kondusif dan mendalam.

Sejarah Penggunaan Az Zahra rampung dibangun pada akhir 2022 dan segera digunakan oleh Badko dan IGTKI Karawang, dan beberapa travel umroh untuk kegiatan manasik.

Galuh Mas meresmikan area manasik haji yang terbesar, terlengkap dan representatif sebagai destinasi wisata religi di Karawang

“Sepanjang tahun 2023, fasilitas ini telah menjadi tempat kegiatan manasik bagi berbagai lembaga pendidikan dan keagamaan, baik di dalam maupun luar Karawang, termasuk Badko, IGTKI, FKPQ, IGRA dan FKDT. Lembaga dari wilayah Bekasi, Subang, Jonggol, hingga luar kota seperti Cianjur, Bandung, Tangerang, Depok dan Indramayu, juga telah melakukan survei dan menggunakan fasilitas ini,”ujar Tedjasuria.

Lebih lanjut lagi, ia menjelaskan kebermanfaatan Az Zahra untuk Banyak Kalangan. Tidak hanya untuk anak-anak PAUD, Az Zahra juga telah digunakan oleh travel umroh/haji, KBIHU, majelis taklim, serta sekolah-sekolah dari tingkat SD hingga MAN, baik di Karawang maupun dari luar kota.

Tempat ini juga digunakan untuk kegiatan manasik, mabit, dan pesantren kilat (sanlat), memberikan kesempatan bagi semua pihak untuk merasakan pengalaman spiritual yang mendalam dan edukatif.

Fasilitas Serbaguna, selain replika rukun haji yang lengkap, Az Zahra juga dilengkapi dengan gedung serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai acara seperti pernikahan, workshop, pelatihan, dan seminar.

“Harapan ke depanmi berharap seluruh organisasi mitra, sekolah, dan lembaga pendidikan di Jawa Barat khusunya Karawang dapat memanfaatkan Az Zahra sebagai sarana utama untuk melaksanakan kegiatan manasik haji. Dengan fasilitas yang lengkap dan pengalaman spiritual yang lebih mendalam, Az Zahra dapat menjadi tempat yang tepat untuk memberikan pemahaman yang benar tentang rukun Islam ke-5 kepada anak-anak dan calon jamaah haji/umrah,” pungkasnya.(rls/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Daftar PTPS? Ini Jadwal Pengumuman Lulus Berkas Adminisrasi

Karawang – Panwascam Karawang Barat telah membuka pendaftaran calon pengawas ...