Festival Pop Singer Piala Bupati Sukses Digelar, Kini HAPMI Siapkan Penyanyi Go Nasional

Penyerahan piala bergilir Bupati Karawang Festival Pop Singer HAPMI Karawang

Karawang – Piala bergilir Bupati Karawang dalam acara Festival Pop Singer Himpunan Artis Penyanyi dan Musisi Indonesia (HAPMI) Kabupaten Karawang telah sukses digelar. Kini, HAPMI Karawang mengantongi nama-nama talenta putra dan putri terbaik asal Kota Pangkal Perjuangan untuk dilakukan pembinaan.

Ketua HAPMI Karawang, H.Achmad Djohansyah, mengatakan, suatu kebanggaan bagi ia pada peserta Festival Pop Singer yang mempunyai bakat dalam dunia tarik suara. Melalui wadah HAPMI bakat terpendam putra dan putri Karawang bisa muncul dan disalurkan ke ajang profesional.

“Saya bangga pada peserta pop singer,bagus-bagus. Bakat terpendam mereka dapat disalurkan melalui wadah HAPMI,”katanya di penutupan Festival Pop Singer HAPMI, Jum’at 6 September 2024 malam di Mal KCP Galuh Mas.

Menurutnya, festival pop singer tidak hanya tahun ini digelar.Namun, setiap tahun HAPMI menggelar  kegiatan serupa. Bertujuan untuk menjaring talenta-talenta potensial para penyanyi pop dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang. Selanjutnya, HAPMI akan melakukan pembinaan untuk meningkatkan kualitas vocal maupun terhadap para talenta potensial berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan festival ini.

“Nantinya, kami akan ikut sertakan para penyanyi potensial dalam program sertifikasi penyanyi dari BNSP dalam program sertifikasi yang secara rutin dilakukan oleh Disparbud Karawang. Juga, para talenta potensial yang telah dibina untuk diikutsertakan pada ajang-ajang festival di Tingkat Jawa Barat, Nasional bahkan Internasional,” katanya.

Ia juga menjelaskan mekanisme pelaksanaan kegiatan itu. Kategori yang dipertandingkan meliputi remaja putri, remaja putra, dewasa putri dan dewasa putra. Penjaringan dilakukan 3 tahapan. Yaitu tahap audisi, tahap semi final dan tahap grand final.

Penyerahan piala bergilir Bupati Karawang Festival Pop Singer HAPMI Karawang

Pada tahap audisi penjaringan dilakukan melalui sosialisasi yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) melalui surat yang disampaikan kepada para Camat se- Kabupaten Karawang dan sosialisasi secara langsung pada rapat minggon. Selain itu juga dilakukan penyebaran informasi ini melalui media sosial.

“Pelaksanaan audisi dilaksanakan pada tanggal 10 – 11 Agustus 2024. Peserta pada tahap audisi seluruhnya berjumlah 203 peserta. Pada tahap audisi ini berhasil disaring menjadi 61 peserta yang berhak mengikuti tahap semi final,”jelasnya.

Lanjutnya, pelaksanaan semi final dilaksanakan di Aula Disparbud pada Tanggal 24 Agustus 2024. Pada tahap semi final ini dari 61 peserta berhasil dijaring 33 peserta untuk masuk pada tahap grand final. Pelaksanaan grand final dilaksanakan di KCP pada tanggal 6 September 2024, dengan dewan juri Mel Shandy (Artis), Rude Pohang (Komposer/Vocal Director/Song Writer) dan Esi Destiana (Vocal Coach/Music Arranger)

“Hasil yang diharapkan kegiatan ini, para talenta-talenta penyanyi berkualitas yang mampu menembus pasar di level Nasional maupun Internasional. Para juara dari festival ini akan dibina oleh HAPMI Kabupaten Karawang untuk diikutsertakan pada ajang-ajang di level Jawa Barat dan Nasional, diantaranya Festival Bintang RRI Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada Tanggal 27 September 2024. Festival HAPMI Tingkat Jawa Barat 2025, Ajang Indonesian Idol,Ajang X Factor,Ajang Raising Star dan lainya,” katanya.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disparbud Karawang, Fazrian Wardani Adhitya mengaku bangga atas kegiatan festival pop singer merebutkan piala bergilir Bupati Karawang. Festival ini kolaborasi dengan Disparbud untuk meningkatkan daya saing kompetensi sumberdaya manusia di Karawang.

“Sejalan dengan visi dan misi Karawang dan amanat pak bupati untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang seni musik, penyanyi atau pelaku ekraf,” katanya.

Festival Pop Singer HAPMI Karawang

Beasiswa Juara Festival Pop Singer HAPMI

Sebagai bentuk apresiasi pada talenta di dunia tarik suara, Disparbud akan merekomendasikan bagi yang juara festival pop singer piala bergilir Bupati Karawang untuk mendapatkan beasiswa Karawang Cerdas. Namun, beasiswa itu bagi pelajar atau mahasiswa di Karawang.

Ia juga berharap, festival pop singer terus diselenggarakan setiap tahun untuk menjaring talenta vokal seni musik. Selain oleh HAPMI, para pengusaha pun bisa melakukan hal sama dengan kolaborasi dengan komunitas, pemerintah dan elemen lainnya. (red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

JNE Menggelar JLC Member Gathering 2024 di Bandung

Faktajabar.co.id – Terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. ...