Sepanjang 2024 Belum Ada Laporan Kasus, Meski Pembentukan Satgas TPPK Sudah Merata

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikpora Karawang, Yanto

Karawang – Sebanyak 2.383 sekolah tingkat PAUD, SD dan SMP di Karawang telah membentuk Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK). Namun, belum ada laporan kasus masuk sepanjang 2024.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikpora Karawang, Yanto menyebutkan, pembentukan TPPK ini telah dilakukan sejak tahun lalu berdasarkan edaran dari Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kemendikbudristek RI rilisan 30 September 2023.

Pembentukan TPPK ini, lanjut dia, bersifat wajib karena merupakan instruksi langsung dari pemerintah pusat.

“Sebenernya sudah 100 persen (terbentuk), namun ada sekolah yang tidak aktif masih masuk data,” ujarnya.

Ia memaparkan, jumlah sekolah di bawah naungan Disdikpora Karawang sendiri ada sebanyak 852 tingkat SD, 89 tingkat SMP dan 1441 tingkat PAUD.

“SD 99,6% yang belum bentuk TPPK 6 sekolah, SMP 99,61% yang belum bentuk TPPK 1 sekolah dan PAUD ada 99,56%. Saat ini kami sedang melakukan pemutakhiran data,” paparnya.

Ia mengungkapkan, dari hasil pembentukan TPPK tersebut, pihaknya hingga kini belum menerima laporan kasus kekerasan.

Yanto mengklaim, tidak adanya laporan menjadi indikasi bahwa TPPK di tiap-tiap sekolah tersebut telah berhasil mencegah kasus kekerasan di lingkungannya masing-masing.

“Kalau tidak ada laporan ke kami, berarti kasus sudah ditangani di tingkat sekolah. Tapi kalau kasus yang tidak bisa diselesaikan, itu baru datanya masuk ke kami. Sejauh ini belum ada laporan ke kami, jadi kan tugas TPPK itu sendiri adalah pencegahan. Maka mereka melakukan pembinaan-pembinaan untuk mencegah terjadinya kekerasan,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Romadhony Mundur dari Ketua Sayap Partai Nasdem

Karawang – Romadhoni, S.Sy. ketua sayap Gemuruh Nasdem kabupaten Karawang ...