Bawaslu Himbau Kepala Desa Jaga Netralitas

Karawang – Bawaslu Karawang mengimbau kepada seluruh kepala desa di wilayah kabupaten ini agar menjaga netralitas atau tidak keberpihakan kepada calon atau pasangan calon tertentu saat nanti masuk ke tahapan pencalonan di Pilkada 2024.

“Imbauan itu sudah kita sampaikan secara tertulis ke semua kades melalui Panwascam masing-masing kecamatan. Ini langkah antisipasi kita karena kewenangan Bawaslu sekarang bukan hanya pengawasan dan penindakan, tapi juga pencegahan,” kata Ketua Bawaslu Karawang Engkus Kusnadi.

Ketika pihaknya sudah punya atribusi kewenangan paska KPU menetapkan pasangan calon di Pilkada 2024, tegas Kusnadi, proses penindakan akan dilakukannya terhadap kades maupun kalangan yang ‘diharamkan’ berpolitik praktis melakukan pelanggaran sesuai amanat dari aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Maka jangan sampai terjadi pelanggaran pada saatnya nanti, kita di Bawaslu sekarang bergerak melakukan langkah-langkah antisipasi berupa imbauan. Termasuk ke ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN, BUMD, kita juga akan menyurati semua unsur Forkopimda untuk mengingatkan hal ini ke aparaturnya atau anggotanya atau pegawainya,” ungkapnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Romadhony Mundur dari Ketua Sayap Partai Nasdem

Karawang – Romadhoni, S.Sy. ketua sayap Gemuruh Nasdem kabupaten Karawang ...