Waspada ! Penipuan Informasi PPG Lewat WhatsApp

Kantor Disdikpora Karawang

KARAWANG – Disdikpora memberikan himbauan kepada semua guru untuk tidak terkena penipuan tentang informasi PPG.

Sejak pertengahan Bulan Juli 2024 telah beredar informasi penipuan terkait Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang disebarkan melalui WhatsApp.

Kepala Seksi GTK Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, Musa Surya Atmaja menyampaikan untuk tetap berpedoman pada informasi yang telah dikirimkan oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan melalui SimPkb. Informasi telah diberikan ke masing-masing guru.

“Ada di informasikan untuk mempedomani berita yang dikirimkan Kemendikbud via SimPkb ke masing-masing guru. Informasi penipuan itu sudah ada sejak pertengahan Juli,” Selasa (23/7).

Informasi ini diberikan secara berantai. Hingga sekarang telah banyak korban yang mengalami penipuan tersebut. Ia menyebutkan penipuan itu telah mengakibatkan korban mengalami kerugian materi. Meski begitu kerugian itu hanya sebesar puluhan ribu.

“Korbannya sudah ada banyak, merata di semua kecamatan. Mereka sudah kehilangan uang untuk memberikan tip, tapi hanya puluhan ribu aja,” jelasnya.

Meski telah ada korban yang terkena penipuan, namun Disdikpora tidak memberikan tindakan tegas kepada oknum yang bersangkutan. Ia menegaskan hal utama yang dilakukan menyadarkan semua guru untuk tidak terkena penipuan yang sama. Ia pun memberikan himbauan agar tetap membatasi informasi dengan memeriksa sumber yang asli.

“Tidak perlu, yang penting menyadarkan teman-teman kita aja. Membatasi informasi dengan kembali ke sumber berita asli, sesuai dengan SimPkb,”pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

BRI BO Bekasi Siliwangi Apresiasi Nasabah di HPN 2024

Faktajabar.co.id – Hari Pelanggan Nasional (HPN) diperingati setiap 4 September. ...