Meningkatkan Minat Baca Bagi Anak di Desa Cinta Asih

Meningkatkan Minat Baca Bagi Anak di Desa Cinta Asih

KARAWANG – Pendirian Taman Baca Masyarakat di Kampung Bakan Pojok, Desa Cintaasih, Kecamatan Pangkalan untuk menumbuhkan minat membaca bagi anak-anak.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) menciptakan program Taman Baca Masyarakat di Desa Cintaasih, Kecamatan Pangkalan. Diah, Staff Desa Cintaasih menyampaikan pembentukan program tersebut berawal dari minta baca pada anak-anak di desa tersebut yang masih rendah. Tujuan dari program ini untuk menumbuhkan budaya membaca sejak dini untuk anak-anak. Di dalam TBM tersebut pun disediakan berbagai jenis buku yang menarik dan edukatif.

“Kegiatan nya sangat bagus kak, dengan adanya Taman Baca, anak-anak jadi bisa kumpul dan belajar bersama. Sebelumnya belum pernah ada taman baca di desa kami,” ujarnya.

Acara TBM ini diadakan di Kampung Bakan Pojok yang juga menandai dimulainya program literasi di Desa Cintaasih. Koordinator TBM Cintaasih, Wulan menambahkan pemilihan lokasi ini dipilih disebabkan oleh adanya lahan yang luas serta mudah di akses oleh masyarakat. Adanya tempat itu pun dapat digunakan sebagai pusat belajar dan berkumpul bagi anak-anak.

“TBM ini bukan hanya sekedar tempat untuk membaca, tetapi juga pusat belajar dan berkumpul bagi anak-anak Desa Cintaasih. Kami berharap ini bisa menjadi titik awal bagi mereka untuk mengembangkan diri dan menambah pengetahuan,” tambahnya.

Pembukaan tempat pun disambut dengan senang dan antusias dari peserta yang hadir. Ina, salah satu peserta TBM mengatakan adanya tempat baru itu menjadi sumber inspirasi. Ia pun saat ini mempunyai semangat untuk membaca buku. Ina menginginkan agar program tersebut dapat tetap dilanjutkan.

“Taman Baca Masyarakat ini sangat seru dan menginspirasi. Sebelumnya, di Desa Cintaasih belum pernah ada kegiatan seperti ini. Saya jadi lebih semangat membaca. Saya sangat senang dengan adanya Taman Baca Masyarakat ini. Kami jadi punya tempat yang bagus untuk belajar dan bermain. Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

BRI BO Bekasi Siliwangi Apresiasi Nasabah di HPN 2024

Faktajabar.co.id – Hari Pelanggan Nasional (HPN) diperingati setiap 4 September. ...