Bimbingan Teknis untuk Dalang di Karawang

Bintek Dalang

KARAWANG – Bimbingan teknis untuk dalang di Kabupaten Karawang agar dapat meningkatkan kemampuan

Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Karawang mengadakan bimbingan teknis bagi Pangrawit dan dalang. Kegiatan tersebut berlangsung di aula kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang. Dadan Sunandar Sunarya, Praktisi Dalang menyampaikan di dalam bimtek berisi tentang isi dan arti dari kakawihan.

Ia mengatakan untuk semua dalang harus banyak belajar dan menambah wawasan pengetahuan.

“Kita harus banyak belajar, karena dalang itu harus memiliki wawasan yang lebih luas karena dalang itu sebagai penerang ,pendidik dan penghibur bagi masyarakat, dan untuk para dalang cilik didikan Pepadi Karawang, agar terus berlatih agar menjadi bibit regenerasi dalang di Kabupaten Karawang,” ujarnya.

Selain menambah pengetahuan, dalang pun di wajibkan untuk dapat menjiwai karakter yang sedang ditampilkan. Wawan Dede, Praktisi Dalang menyampaikan penjiwaan tersebut bertujuan agar tidak secara sembarangan menampilkan kakawean.

“Para Dalang itu harus bisa menjiwai kakawen atau pangrawit dalam pertunjukannya, misalkan dalam kakawen yang menggambarkan tentang Alam dan keagungan pencipta, harus diucapkan dengan penuh penjiwaan dan ada karakter yang harus didalami, jadi tidak seenaknya mengucapkan kakawen,” tambahnya.

Dede juga memberikan motivasi kepada semua dalang cilik untuk tetap semangat dalam latihan dan pembelajaran. Selain itu, ia melanjutkan untuk dapat mencintai budaya Sunda. Hal ini bertujuan agar dapat memberikan penjiwaan ketika sedang menampilkan karakter bahasa dalam pedalangan.

“Untuk bisa mendalami karakter bahasa di perdalangan Sunda, kita wajib untuk mencintai dan mempelajari budaya Sunda,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

JNE Menggelar JLC Member Gathering 2024 di Bandung

Faktajabar.co.id – Terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. ...