Kegiatan Literasi Internasional Bagi Guru dan Orangtua Siswa SMAIT Mentari Ilmu

Kegiatan Literasi Internasional Bagi Guru dan Orangtua Siswa SMAIT Mentari Ilmu

KARAWANG – Guru dan orangtua SMA IT Mentari Ilmu mengikuti program literasi internasional.

Guru SMA Islam Terpadu Mentari Ilmu mengikuti kegiatan literasi Internasional. Desi Apriyanti, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan menyampaikan program literasi tersebut diselenggarakan oleh Forum Indonesia Menulis bagi guru, siswa, kepala sekolah, orangtua dan praktisi pendidikan. Kegiatan ini berlangsung di 3 negara.

“Program Literasi Internasional adalah Program yang di adakan oleh Forum Indonesia Menulis untuk Seluruh guru, pelajar, kepala sekolah, orang tua dan praktisi pendidikan se Nusantara. Dilaksanakan di 3 Negara (Malaysia, Thailand, dan Singapura) dengan Jumlah 330 orang se-Indonesia. Yang terdapat di Program itu adalah lomba Menulis, lomba Mendongeng, lomba Berpuisi, seminar Literasi Internasional yang di hadiri bintang tamu (Dik Doang, dan Kak Tony Cihuy Got Tallen), anugrah Literasi Internasional untuk yang mendapatkan prestasi, tour Aksara 3 Negara, WriterMotivator,” ujarnya.

Ia menjelaskan melalui literasi internasional ini dapat memberikan inspirasi kepada dunia melalui motivasi dan tulisan. Desi menambahkan setelah mengikuti kegiatan itu mempunyai harapan agar dapat bertukar karya dan pembelajaran dengan orang lain. Ia mengatakan proses awal mengikuti kegiatan ini berupa pendampingan dan pelatihan selama 5 bulan melalui zoom.

“Tujuan Kegiatan itu adalah menduniakan Literasi, dan Indonesia menjadi negara no 1 Literasi dunia, menyelenggarakan kegiatan bersama orang-orang hebat yang mampu menginspirasi dunia melalui motivasi dan tulisan. Prospek ke depan adalah peserta memiliki forum literasi Internasional dimana dapat saling sharing karya, belajar, dan menginspirasi, peserta memiliki sertifikat Internasional. Pelaksanaan program mulai bulan November 2023, Seleksi Kepenulisan Desember 2023, Pelaksanaan Pendampingan dan pelatihan selama 5 bulan melalui zoom diakhiri puncak literasi di 3 Negara( Thailand, Malaysia, Singapura),” jelasnya

Kemudian melanjutkan, materi yang diperoleh dari program ini akan diterapkan ketika proses pembelajaran di sekolah. Di sekolah pun telah terdapat program literasi yang diselenggarakan setiap hari. Kemudian adapula forum komunitas penggiat literasi.

“Alhamdulillah Mentari Ilmu termasuk sekolah yang terlibat dan mendapat anugrah literasi Internasional. Dari mentari ilmu 3 guru dan 10 siswa dan orang tua. Kami mempunyai forum komunitas penggiat literasi di sekolah dan ada kegiatan literasi setiap hari dan setiap pekan,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Romadhony Mundur dari Ketua Sayap Partai Nasdem

Karawang – Romadhoni, S.Sy. ketua sayap Gemuruh Nasdem kabupaten Karawang ...