Karawang Mengirimkan Pemilihan Duta Koperasi Jawa Barat

Diah Mira Desi Avianti Dinas Koperasi dan UKM Karawang

KARAWANG– Pemilihan Duta Koperasi Jawa Barat yang akan bertugas untuk memberikan sosialisasi tentang koperasi kepada masyarakat.

Menjelang Perayaan Hari Koperasi Tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan diselenggarakan di Karawang, Dinas Koperasi dan UKM Karawang mengadakan sejumlah perlombaan. Salah satu perlombaan tersebut berupa pemilihan duta koperasi.

Diah Mira Desi Avianti menyampaikan untuk persyaratan menjadi duta koperasi berupa usia 18 sampai 25 tahun, tinggi badan untuk wanita 165 centimeter dan laki-laki 170 centimeter. Kemudian mampu menguasai bahasa asing, mempunyai penampilan yang menarik, menguasai materi tentang ekonomi kreatif dan koperasi.

“Jadi pemilihan duta koperasi Jawa Barat adalah rangkaian Hari Koperasi ke 77 tingkat Provinsi Jawa Barat. Kita ingin mempunyai satu duta koperasi yang bisa menguasai tentang koperasian, untuk bisa mensosialisasikan koperasi di kaum millenial. Persyaratannya usia 18 sampai 25 tahun, berdomisili di Jawa Barat, sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba, berwawasan luas, tinggi badan untuk perempuan 165 centimeter dan laki-laki 170 centimeter, menguasai bahasa inggris dan bahasa asing lainnya, berpenampilan menarik, berkomunikasi dengan baik,” ujarnya.

Proses pendaftaran telah dibuka sejak 11 Juni lalu. Selanjutnya pada 29 Juni akan diberikan pengumuman, setelah itu akan ada webinar bagi peserta yang lolos pada tanggal 1 Juli. Kemudian seluruh peserta akan mendapatkan pembekalan materi sejak tanggal 2 Juli hingga 3 Juli dan tahap terakhir berupa grand final yang akan berlangsung pada 14 Juli.

“Untuk ketentuan pendaftaran melalui link dan website, meng-upload video berdurasi satu menit tentang alasan ingin menjadi duta koperasi Jawa Barat, memiliki minat terhadap ekonomi kreatif dan koperasi. Pendaftaran sudah dibuka sejak 11 sampai 25 Juni, nanti setelah pendaftaran akan dilakukan pengumuman tahap I pada tanggal 29 Juni, dilanjutkan dengan webinar secara online tanggal 1 Juli. Ada pembekalan materi tanggal 2 sampai 3 Juli, pengumuman finalis tanggal 7 Juli, grand final tanggal 14 Juli,” jelasnya.

Ia menerangkan ada sebanyak 5 orang peserta dari Karawang yang ikut serta dalam perlombaan tersebut. Pada tahun 2020 lalu, telah ada satu orang perwakilan dari Karawang yang lolos menjadi duta koperasi tingkat provinsi. Meski begitu akibat adanya pandemi Covid 19, maka tidak ada kegiatan apapun bagi duta koperasi saat itu.

“Kalau informasi dari provinsi, sudah ada 5 peserta dari Kabupaten Karawang dan sebagian besar itu laki-laki tetapi kita juga belum tahu progres mereka karena pengumuman itu nanti langsung dari pemerintah Jawa Barat. Saat pembekalan nanti mereka akan di karantina selama 1 hari. Di tahun 2020 ada satu orang Karawang yang menjadi duta koperasi Jawa Barat tapi karena Covid tidak ada kegiatan selama 2 tahun dan tahun ini baru dibangkitkan lagi duta koperasi,” lanjutnya.

Ia menambahkan bagi yang telah lolos menjadi duta koperasi maka akan mendapatkan tugas untuk melakukan sosialisasi di 27 kota dan kabupaten serta mendampingi kepala dinas koperasi Jawa Barat. Tidak hanya itu duta koperasi pun akan dilibatkan dalam semua kegiatan dari dinas koperasi dan UKM Jawa Barat. Ia mempunyai harapan agar melalui duta koperasi ini dapat menciptakan koperasi karyawan di masing-masing instansi pemerintah.

“Mereka akan mendampingi kepala dinas koperasi Jawa Barat, kegiatan sosialisasi tentang koperasi, keliling ke 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat. Kalau perwakilan Karawang bisa menjadi duta koperasi Jawa Barat, kita akan mensosialisasikan tentang koperasi ke sekolah dan masyarakat melalui duta koperasi. Kita ingin masing-masing OPD mempunyai koperasi bersama supaya karyawan tidak meminjam ke bank,” imbuhnya

Ia menerangkan kembali, pemilihan Karawang sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Koperasi tingkat provinsi disebabkan oleh adanya keberhasilan dari koperasi karyawan perusahaan. Terdapat koperasi karyawan perusahaan yang telah mempunyai SHU sebanyak 20 juta dalam satu tahun.

“Saya sudah memberikan tips untuk mereka membuat video yang menarik dan materi tentang koperasi. Kita menjadi tuan rumah Hari Koperasi tingkat Provinsi Jawa Barat karena kita punya koperasi karyawan perusahaan yang menjadi role model. Koperasi karyawan perusahaan sudah berhasil membagi SHU 20 juta setiap satu tahun sekali, ada juga koperasi yang sudah mempunyai waserda yang menjual produk olahan buatan dari keluarga karyawan,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

JNE Menggelar JLC Member Gathering 2024 di Bandung

Faktajabar.co.id – Terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. ...