Mahasiswa Tohoku University Jepang Kunjungi PKBM Assolahiyah Cilamaya

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Assolahiyah Cilamaya

Karawang – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Assolahiyah Cilamaya yang berlokasi di Dusun Cilempung Desa Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang menerima kunjungan Mahasiswa Tohoku University Jepang.

Kunjungan mahasiswa Jepang yang bernama Hiromu Inoe ini bertujuan untuk menggali informasi tentang pendidikan non formal dan pendidikan masyarakat di PKBM Assolahiyah.

Kedatangan Hiromu Inoe disambut langsung oleh Founder Yayasan Assolahiyah Cilamaya Heru Saleh M.Pd. beserta para guru dan peserta didiknya.

Hiromu Inoe merupakan peserta mahasiswa pertukaran antara Tohoku University Jepang dengan Program Studi Pendidikan Masyarakat Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Pada saat diwawancarai, Hiromu Inoe mengucapkan terima kasih karena telah diizinkan berkunjung, melihat dan bertanya kepada para peserta didik PKBM Assolahiyah Cilamaya.

“Saya melihat bahwa yang terpenting adalah para siswa dapat memperoleh keterampilan untuk masa depannya. Menurut saya ini sangat luar biasa,” kata Hiromu Inoe yang diterjemahkan oleh Sodikin penerjemah dari UPI.

Lanjut Hiromu Inoe, Sejujurnya sebelum saya berkunjung kesini, pendidikan kesetaraan itu adalah sekolah pengganti bagi masyarakat yang kesulitan ekonomi. Tapi setelah saya berkunjung kesini dan bertanya ternyata tidak seperti itu, dan ini dapat menjadi pilihan.

“Pemberdayaan yang saya lihat hari ini, para siswa diajarkan bagaimana membuang sampah, mengoperasikan komputer. Dan hal tersebut secara informal diajarkan kembali kepada keluarga mereka, secara tidak langsung ini jadi program pemberdayaan keluarga,” pungkasnya.(rls/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

JNE Menggelar JLC Member Gathering 2024 di Bandung

Faktajabar.co.id – Terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. ...