Zeny Jago Karate Hingga Harumkan Nama Sekolah

Zeny, siswi asal SMAN 3 Karawang menekuni karate

KARAWANG – Zeny, siswi asal SMAN 3 Karawang menekuni karate, hingga berhasil menjadikan atlet yang membanggakan sekolah.

Siswi dan siswa SMAN 3 Karawang berhasil mendapatkan juara 1 dalam perlombaan.

Joko, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas menyampaikan untuk prestasi siswi tersebut berupa juara 1 dan juara 2 untuk cabang olahraga karate. Kemudian untuk siswa pun berhasil mendapatkan juara 2 di cabang olahraga karate kategori kata.

“Pertama kemarin itu O2SN untuk karate kategori kata putri dapat juara 1 atas nama Zeny dan juara 2 diperoleh atas nama Citra kelas XI. Untuk putra kategori kata juga memperoleh juara 2, persiapan latihannya satu Minggu sekali di sekolah tetapi saya sarankan menambah latihan di Dojo masing-masing,” ujarnya Kamis (30/5/2024).

Selain karate, adapula cabang olahraga renang yang mendapatkan juara III dan juara II. Ia menyatakan cabor ini mendapatkan prestasi untuk kategori gaya bebas. Tidak hanya dua cabang olahraga saja, terdapat prestasi tambahan yang diperoleh dari cabang olahraga lainnya seperti bulutangkis.

“Renang kita juara 3 atas nama Widya kelas X, juara 2 kelas XI. Kategori gaya bebas perorangan, mereka latihan di klub masing-masing. Bulutangkis kita mendapatkan juara 3 untuk kategori perorangan,” lanjutnya

Atlet karate di sekolah tersebut telah sering mendapatkan prestasi. Selain di tingkat kabupaten, atlet ini sudah mendapatkan prestasi untuk tingkat provinsi dan nasional

“Karate menjadi unggulan di sekolah kita, Zeny pernah mendapatkan juara 1 tingkat provinsi dan juara 3 nasional, setiap kejuaraan apapun selalu membawa kemenangan. Kalau masing-masing cabang olahraga mereka latihan setiap Minggu.

Zeny Kayla Nathania, Siswi kelas XI SMAN 3 Karawang mengungkapkan mulai aktif di karate sejak duduk di bangku kelas 3 SD. Berawal hanya untuk mengisi waktu luang ketika pindah ke Karawang, kemudian ia mulai menekuni dan mendalami. Ketika 3 bulan awal ikut karate pun telah mengikuti kejuaraan untuk pertama kali di tingkat provinsi.

“Aku asli Cirebon tapi sudah lama tinggal di Karawang. Memulai karate dari kelas 3 SD, awalnya karena saat pindah dari Cirebon aktif kegiatan dan di Karawang mencari kegiatan untuk mengisi waktu luang. Kemudian orangtua aku melihat ekskul karate di sekolah akhirnya di masukan ke ekskul karate. Dari 3 bulan awal ikut karate sudah diajak untuk ikut kejuaraan tingkat provinsi,” ungkapnya

Ia mengaku kendala yang sering di alami terletak dari menyeimbangkan kecepatan dan mental dengan teman-teman yang pria. Meski begitu, kendala tersebut tidak menghambat proses latihan. Zeny mengatakan akan meningkatkan kecepatan dalam menyerang lawan untuk ke depan.

“Kesulitannya mengimbangi kecapatan dan mental dari teman-teman aku yang cowo. Setiap naik tingkat pasti ada kekurangannya sedikit, tapi di titik sekarang ingin meningkatkan kecepatan dalam menyerang lawan. Prestasi yang paling terakhir dan tertinggi itu di tingkat nasional dapat juara III,” tambahnya.

Ketika mengikuti kategori kata di kejuaraan O2SN tidak mengalami kesulitan. Zeni memaparkan telah mempelajari kategori kata ketika kecil. Kemudian beralih menekuni kategori komite saat dewasa.

“O2SN ini kategori kata, sedangkan aku menekuni di komite. Awalnya aku mikir tidak akan turun di kejuaraan, ternyata pihak sekolah meminta aku juga ikut mencoba. Kategori kata itu lebih menampilkan keindahan jurus tapi kalau komite itu bertarung dengan lawan. Sejak kecil aku berlatih beriringan tetapi saat dewasa lebih menekuni komite, jadi ketika kata dibutuhkan aku sudah ada basic. Aku mainkan 4 gerakan kata waktu di O2SN kemarin,” jelasnya

Ia mempunyai harapan agar melalui prestasi di bidang karate dapat membawa Zeny masuk ke dalam perguruan tinggi angkatan darat dan angkatan militer. Ia mengaku akan tetap menekuni karate setelah lulus sekolah.

“Harapan aku di karate, prestasi aku ini bisa membawa aku lebih jauh lagi bahkan bisa membuat aku masuk ke perguruan tinggi angkatan darat dan angkatan militer. Setelah lulus sekolah masih ingin mendalami karate karena yang bisa membawa aku sejauh ini karena karate. Sebenarnya aku tidak mengalami kesusahan, tetapi aku memaksimalkan waktu yang aku punya saja. Semuanya masih bisa di handle,” pungkasnya.(red/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PWI Jabar Kutuk Kerak Pelaku Pengeroyokan Wartawan

Faktajabar.co.id – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Barat ...