Bangun Area Aspirasi, Kawasan KIIC Karawang Jadi Yang Pertama di Indonesia

projek pembangunan Area Aspirasi pertama se-Indonesia

Karawang – Kawasan KIIC yang terletak di kabupaten Karawang dijadikan pilot projek pembangunan Area Aspirasi pertama se-Indonesia. Area ini juga dikhususkan untuk menampung aspirasi masyarakat.

Direktur KIIC Sanny Iskandar mengungkapkan, pembangunan area aspirasi ini diinisiasi oleh 3 unsur yakni; Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, Polres Karawang dan pihak KIIC.

“Ide ini tercetus oleh Kapolres bersama Pemerintah Daerah. Saat itu kami berbincang, akhirnya menemukan kesepakatan bahwa perlu dibangun suatu area aspirasi untuk masyarakat menyalurkan pendapat,” ungkapnya saat diwawancarai dalam acara peletakan batu pertama di area aspirasi, pada Kamis, (30/05/2024).

Lebih lanjut Ia menjelaskan, area aspirasi ini dibangun seluas 1,3 hektare dilengkapi beberapa fasilitas infrastruktur dari mulai gerbang area, ruang mediasi dan ruang jaga, toilet, panggung dan atap, lapangan demo, parkir kendaraan, perkerasan sisi slope dan pagar panel.

“Harapannya 2-3 bulan kedepan sudah rampung bangunan dan semua sarananya,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan, area aspirasi ini akan bermanfaat bagi investor dan masyarakat. Jadi, ketika ada permasalahan seputar industri atau ketenagakerjaan, pihak-pihak bersangkutan bisa menyelesaikan masalah di area aspirasi ini.

“Karawang sudah mulai menciptakan iklim investasi yang baik dengan menghubungan masyarakat dengan investor. Hubungan keduanya harus baik,” katanya.

“Pendapat harus diterima dan dimediasi, tolong untuk bisa membangunkan area aspirasi yang layak, humanis dan manusiawi,” imbuhnya.

Terakhir, Bupati Karawang Aep Syaepuloh berharap, area ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan memberikan keadilan bagi masyarakat Karawang.

Dengan adanya pembangunan pilot projek ini, Aep menekankan bahwa Karawang harus selangkah lebih maju dari Kabupaten/Kota lain.

“Ini baru pertamakali se-Indonesia ada inisiasi ini, mudah-mudahan betul bisa memberikan keadilan. Sehingga ada keselarasan antara investor dan masyarakat. Ditambah KIIC ini adalah objek vital industri nasional, Karawang harus jadi Kabupaten yang lebih maju,” pungkasnya.(aip/cim/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

JNE Menggelar JLC Member Gathering 2024 di Bandung

Faktajabar.co.id – Terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. ...