Tahun Ini Dinsos Karawang Akan Berikan Bantuan Alat Bantu Aktivitas Sehari-hari Kepada Ratusan Disabilitas

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kabupaten Karawang, Yophie

Karawang – Dinas Sosial Kabupaten Karawang akan memberikan bantuan alat bantu dalam menjalani aktivitas sehari-hari kepada Ratusan disabilitas yang ada di Kabupaten Karawang pada tahun ini. Bantuan tersebut diberikan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Karawang kepada disabilitas dengan katagori tidak mampu atau miskin yang sebelumnya telah melakukan pengajuan alat bantu kepada Dinsos.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kabupaten Karawang, Yophie mengungkapkan, di tahun 2022 sebanyak 295 disabilitas yang mengajukan bantuan alat bantu, tetapi yang terpenuhi sekitar 163 orang, lalu yang belum terpenuhi ditambah dengan pendaftar baru tahun 2023 sebanyak 255 pengajuan disabilitas dan yang terpenuhi tahun 2023 sebanyak 197 orang. Kemudian yang belum terpenuhi di tahun 2023 dan pendaftar baru di tahun 2024 totalnya sebanyak 327 pengajuan disabilitas.

“Di tahun ini bantuan alat bantu akan diberikan kepada 205 disabilitas di Kabupaten Karawang yang berkategori miskin atau kurang mampu dan sisanya terpenuhi di tahun selanjutnya. Sebelum kami memberikan bantuan, kami melakukan verifikasi faktual (Vervak) ke lapangan untuk memastikan penerima ini benar-benar tidak mampu,” ungkapnya, pada Senin, (27/05/2024).

Yophie menjelaskan, bantuan alat yang diberikan Dinsos Kabupaten Karawang kepada disabilitas seperti kursi roda, tangan palsu, kaki palsu, alat bantu dengar, alat penyangga dan tongkat netra. Bantuan diberikan agar dapat membantu disabilitas dalam beraktivitas sehari-hari dapat normal seperti manusia lain pada umumnya.

“Harapannya mereka (disabilitas) bisa dapat beraktivitas seperti kita pada biasanya sehingga aktivitas mereka tidak terbatas serta dapat menyetarakan mereka dengan membantu mereka dengan keterbatasannya. Kami memberikan bantuan usaha sembako kepada disabilitas yang bekerja sama dengan PPDI (persatuan penyandang disabilitas indonesia) Kabupaten Karawang,” pungkasnya.(aip/cim/fj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

JNE Menggelar JLC Member Gathering 2024 di Bandung

Faktajabar.co.id – Terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. ...