Inisiatif Mahasiswa KKN UBP untuk Mewujudkan Desa Bersih & Sehat di Desa Cilewo

Kelompok Kuliah Kerja Nyata KKN Universitas Buana Perjuangan UBP Karawang

Karawang – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang. Yang terlibat membangun desa sebagai bukti mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi dengan Mengabdi Kepada Masyarakat.


Dalam upaya mewujudkan desa yang bersih dan sehat para kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Buana Perjuangan Karawang berinisiatif membersihkan kantor desa dan lingkungan di sekitar desa. Program tersebut di beri nama Jumat Bersih (jumsih) yang dilaksanakan di lingkungan Desa Cilewo, Telagasari-Karawang.

Dalam kegiatan KKN Desa Cilewo yang diketuai oleh Karyum Sutarya, menuturkan bahwa program ini merupakan salah satu kategori yang ada di 18 kategori SDGs.


“Kegiatan program kerja jumat bersih ini sebagai upaya untuk menciptakan kawasan permukiman desa yang aman dan nyaman sesuai dengan salah satu kategori yang tercantum pada tema KKN tahun ini” tuturnya.


“Jumsih ini sudah dimulai sejak satu minggu yang lalu, dimulai dari bersih-bersih posyandu, kemudian minggu ini di kantor desa dan sekitarnya, yang selanjutnya akan dilaksanakan di dusun lain” lanjutnya.


Mahasiswa UBP Karawang, serta dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Nita Rohayati M.Psi., Psikolog, Program Jumat Bersih (Jumsih) berupaya mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk inisiatif para mahasiswa yang peduli terhadap lingkungan Desa Cilewo.


Sebagai bagian dari program kerja mahasiswa, gerakan jumat bersih hadir untuk mewujudkan lingkungan desa yang bersih dan sehat. Yang di laksanakan setiap hari jumat, pukul 08:00-11:00 WIB. Kegiatan ini di lakukan oleh para mahasiswa KKN yang peduli akan lingkungan sekitar ingin menciptakan lingkungan aman dan nyaman.


Kegiatan Jumat Bersih ini sangat didukung oleh pihak Desa Cilewo. Dengan adanya dukungan dari pihak yang terkait, para mahasiswa berharap gerakan Jumsih yang dilakukan oleh para mahasiswa dapat menjadi hal yang inspiratif untuk warga desa dan sekitarnya.
Karyum Sutarya menuturkan harapannya terhadap upaya yang dilakukan teman-teman mahasiswa dapat diaplikasikan oleh masyarakat sekitar.


“Harapanya semoga dengan diadakanya program ini dapat menyadarkan masyarakat untuk memelihara lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman,” pungkasnya.(red/fj)

Redaksi faktajabar: 085691178512

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Romadhony Mundur dari Ketua Sayap Partai Nasdem

Karawang – Romadhoni, S.Sy. ketua sayap Gemuruh Nasdem kabupaten Karawang ...