Moeldoko: Lulusan STEM Indonesia Harus Ditingkatkan!

Fakta Jabar.co.id – Moeldoko Hadiri CMO Gathering pada Perayaan HUT Hermawan
Kartajaya ke-74, Bahas Pola Belanja Masyarakat hingga Potensi
Digitalisasi Indonesia
Jakarta CMO Club (Tanjung Lesung, 18/11/21) – Jenderal TNI (Purn.) Dr. H.

Moeldoko Ginting, S.I.P selaku Kepala Staf Kepresidenan Indonesia turut
menghadiri The 85th Jakarta CMO Club Gathering secara virtual, yang merupakan
salah satu agenda dari perayaan HUT ke-74 Hermawan Kartajaya, Founder dan
Chairman MarkPlus Inc., di Tanjung Lesung, Banten.

Dalam sambutannya Moeldoko menyampaikan soal bagaimana pandemi berdampak
pada pola kebiasaan belanja masyarakat, “Peluang digitalisasi didukung oleh tren
pengguna e-commerce sebesar 138,1 juta. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus
meningkat hingga 2025 mencapai 201 juta. Ini harus disikapi dengan baik,” ujarnya.

Lebih lanjut Moeldoko menyatakan, “Infrastruktur logistik dan infrastruktur
pembayaran cashless harus siap. Jika pemerintah juga siap, diperkirakan 1,6 miliar
paket akan dikirim per tahunnya di Indonesia yang bukan tidak mungkin target ini
sudah terlampaui di masa pandemi,” ujarnya.

Untuk mencapai target tersebut sesuai dengan arahan presiden pada Peluncuran
Program Konektivitas Digital 26 Februari lalu, Moeldoko menilai pentingnya
pembangunan kapasitas SDM di bidang STEM (Science, Technology, Engineering
dan Math).

“Talenta Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang besar, namun terbatas untuk
memenuhi talenta teknis. Salah satu alasannya karena lulusan STEM terbatas
daripada rata-rata di negara lain atau secara global. Rasio lulusan STEM hanya 1
untuk 1000 masyarakat. Sementara di Tiongkok 3:4 bahkan di India 3:1,” tamnahnya.

Pihaknya kemudian menyampaikan upaya pemerintah menanggapi hal ini adalah
dengan membentuk program Manajemen Talenta Nasional. Melalui program ini,
generasi Indonesia diarahkan dari dini agar talenta di bidang STEM bisa lebih diasah
kemampuannya.

Menutup sesi pidatonya, Moeldoko berharap CMO Gathering dapat berperan nyata
pada pemasaran produk dan jasa khususnya Indonesia agar bisa memasuki ranah
global secara lebih efektif.

Selain Moeldoko, hadir pula H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. selaku ketua MPR
RI, Setyono D. Darmono selaku Komisaris Utama Jababeka, Nanan Sukarna selaku
Willys Owner Indonesia, dan Sigit H. Samsu selaku Presiden Indonesia Flying Club
di Acara HK 74 bertemakan Entrepreneurial Marketing diselenggarakan selama 3
(hari) bersama dengan tim MarkPlus Inc dan beberapa pihak terkait lainnya.

Hermawan Kartajaya berharap akan terus melebarkan sayap guna berkiprah dan
berguna bagi masyarakat sekitar di seluruh Indonesia.(rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Blusukan ke Tempat Bencana Alam di Tegalwaru, Bunda Wardah Salurkan Bantuan untuk Masyarakat

Karawang – Bencana alam menimpa masyarakat di Karawang. Tepatnya di ...